Inilah 5 Merek Mobil Penjualan Tertinggi di Italia

Dacia Duster

Hai sobat otomotif pada artikel kedua ini, jangan mengakui penggemar mobil-mobil Italia, jika kamu tidak tahu, mobil apa saja yang menjadi pemegang penjualan tertinggi di negeri tersebut. Kami akan memberitahukan kepada kalian secara detail.

1. Fiat Panda

Fiat

Fiat Panda adalah mobil generasi ketiga asal pabrikan Fabbrica Italiana Automobili Torino (FIAT). Pembuatan mobil kecil Fiat dimulai pada tahun 1938 dengan tipe 500, yang dikenal sebagai Topolino, dibuat oleh insinyur legendaris Dante Giacosa. Mobil Topolino ini membantu memobilisasi Italia sebelum perang. Lalu selanjutnya pada awal 1950-an, Giacosa mendesain mesin belakang tipe 600 dan kemudian, pada 1957, meluncurkan Nuova 500 klasik, mobil mungil yang berhasil memikat hati pemiliknya di seluruh dunia.

Tipe 500 tetap diproduksi sampai tahun 1975, sementara berbagai perkembangan seperti tipe 600, tipe 850 dan penggantinya juga mengikuti. Pada tahun 1980, Panda asli lahir dan sejak itu, produksi mobil fiat lainnya juga hadir, sebagai contoh pada tahun 1983 lahir Uno dan pada tahun 1993 lahir pula Punto. Kelahiran mobil-mobil ini  menjadi kesuksesan mobil kecil yang besar.

Fiat Panda juga penting bagi perusahaan dalam arti penjualan. Perusahaan memiliki rata-rata angka penjualan lebih dari 210.000 Panda dalam setahun, selama lebih dari 30 tahun. Produksi Panda bahkan telah melampaui 6,9 juta unit. Namun model baru ini hanya sampai generasi ketiga, dan kini menjadi tulang punggung yang digunakan oleh perusahaan Fiat. Walau memang diikuti dengan berbagai tingkat keberhasilan sebelumnya.

Fiat Panda pun bahkan memenangkan penghargaan mobil untuk tahun ini. Hal ini merupakan salah satu impian  yang didambakan sejak tahun 2004.

2. Lancia Ypsilon

lancia ypsilon

Lancia Ypsilon adalah mobil mini yang diproduksi oleh pembuat mobil bernama Lancia. Ypsilon dirilis pada tahun 1995. Mobil ini merupakan pengganti Y10 yang lebih besar dan lebih mahal. Dalam kurun waktu antara tahun 1995 dan 2005 Lancia menghasilkan lebih dari 870.000 unit Ypsilon di pabrik Melfi di wilayah Potenza.

Ypsilon sekarang adalah mobil generasi ketiga dari tipe sebelumnya, dipasarkan juga dengan nama Chrysler Ypsilon di Inggris Raya, Irlandia dan Jepang. Fiat Group menghentikan produksi  Chrysler pada tahun 2017, setelah memasarkan 2.000 unit pada tahun 2015. Mobil ini juga tidak lagi dijual di Jepang. Selain itu penghentian produksi Lancia Voyager dan Lancia Thema pada 2016, menjadikan  Lancia Ypsilon adalah satu-satunya kendaraan yang ditawarkan oleh Lancia sampai sekarang, terutama di pasar domestik Italia.

3. Dacia Duster

Dacia Duster

Dacia Duster adalah  mobil SUV yang diproduksi bersama oleh dua pabrikan mobil Perancis Renault dan anak perusahaan Rumania Dacia sejak 2011. Duster diluncurkan pada musim gugur 2017.  Ini adalah model keluaran ketiga dari model Dacia sebelumnya, yakni Logan dan Sandero. Di beberapa negara seperti Indonesia, Nepal, Mesir, Meksiko, India, Irlandia, Ukraina dan Amerika Selatan mereka menggunakan nama dagang  Renault Duster. Dan untuk pasar lokal sendiri memakai nama Dacia Duster. Untuk sisi penjualan sendiri mobil ini berada di urutan ketiga penjualan terbanyak tahun 2019. Informasi ini berasal  dari data kami, dimana tercatat mereka menjual 43.950 unit.

4. Renault Clio V

Renault Clio

Renault Clio mark V adalah mobil generasi kelima dari Renault Perancis, sebagai mobil mini yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990. Mobil ini juga sangat diminati di Italy karena ukurannya yang mini dan  tidak dipungkiri lagi kalau di Italy mobil mini lah yang menguasai pasar dan penjualan. Penjualan mobil Renault Clio sendiri sampai saat ini sudah mencapai 42.973 unit. Dari segi ukuran Renault Clio mark V lebih pendek 12 mm dari tipe sebelumnya (panjang 4047mm, lebar 1797mm) tetapi bagian dalamnya terasa lebih lega. Bodi mobil telah diturunkan hingga 30 mm (tinggi 1439mm), dan lengkungan roda depan telah dilengkapi dengan deflektor udara, yang berfungsi untuk aerodinamika yang lebih baik.

Jika ingin dimodifikasi, anda dapat memilih roda 17 inci untuk menyempurnakan tampilan dinamis model baru ini. Detail lainnya yang standar, tergantung pada trimnya: antena sirip hiu, lampu LED 100%, pintu belakang yang rata, dan jendela samping berlapis krom. Clio mark V tersedia dalam 11 warna bodi, dengan tiga paket kustomisasi eksterior (merah, oranye, dan hitam).

5. Jeep Renegade

JeepRenegade

Jeep Renegade adalah mobil mini SUV keluaran dari pabrikan asal Amerika. Jeep masih merupakan bagian dari FCA US LLC ( sebelumnya Chrysler Group, LLC ). Mobil ini diperkenalkan di publik pada tahun 2014 di ajang pameran Geneva Motor Show. Akan tetapi mobil Jeep Renegade ini sendiri diproduksi di Melfi, Italia. Mobil ini menawarkan dua varian bahan bakar bensin dan diesel. Jeep dengan bahan bakar bensin pastinya lebih menjadi pusat perhatian, dalam bentuk unit turbo tiga silinder 1,0 liter dengan 118bhp, dan turbo empat silinder 1,3 liter yang bagus untuk 148 atau 178bhp. Perhatikan di sini karena semakin rumit: hanya mesin bensin 178bhp berperingkat teratas yang dapat dispesifikasi dengan penggerak 4×4, dan secara eksklusif terikat pada otomatis sembilan kecepatan. Sebuah manual enam kecepatan adalah standar pada 1.0, sedangkan 1.3 mendapat kopling ganda enam kecepatan.

Sedangkan dari segi bahan bakar diesel, Anda dapat memiliki derv 118bhp 1,6 liter, atau 2,0 liter dengan 138bhp atau 170bhp. Yang dimaksud di sini adalah 1,6 liter dasar yang hanya dapat dikendarai di depan (dan karenanya merupakan mobil perusahaan hemat CO2). Kedua mesin diesel Renegade 2.0 liter mendapatkan gearbox otomatis sembilan kecepatan dan penggerak semua roda. Kopling ganda enam kecepatan hanya tersedia pada mesin diesel 1,6 liter. Penjualan Jeep Renegade sampai saat ini telah melampaui 41.683 unit.

Facebook Comments
Sharing is caring